Penulis: Kumpulan Para Penulis di Facebook
Cetak dan Desain: Tim Kreatif redcarpetstudio.net178 ..."
Blog ini tercipta untuk menyalurkan bakat si penulis dan siapa saja yang ingin berbagi kisah kasih serta pengalaman hidup kepada siapa saja agar dapat menjadi pribadi-pribadi yang tahan uji dalam menjalani kehidupan ini.
Sumber: www.AnneAhira.com
Jasa pengiriman atau jasa kurir bisa menjadi salah satu peluang bisnis jasa yang menguntungkan. Untuk memulai terjun ke bisnis ini, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Terutama berkaitan dengan potensi peluang bisnis jasa pengiriman ini.
Pengetahuan yang memadai tentang dunia pengiriman barang, bisa menjadi modal berharga dalam menjalankan bisnis. Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda bisa membangun bisnis kurir seperti yang Anda inginkan.
Langkah-langkah membangun bisnis jasa pengiriman mencakup beberapa hal, yaitu :
1. Tentukan Daerah Operasi dan Jenis Alat Transportasi yang Akan Digunakan
Apakah Anda akan menggunakan mobil atau mengandalkan sepeda motor untuk mengangkut barang-barang? Dengan mobil, Anda dapat mengambil dan mengirimkan barang melintasi kota, sementara sepeda membatasi Anda ke wilayah operasi yang agak sempit.
Jika Anda berada di pusat bisnis kota yang ramai dengan banyak firma hukum, bank, dan kantor lain yang dapat mendukung bisnis Anda, alat transportasi sepeda motor merupakan pilihan terbaik bagi pemula.
Sebaliknya, jika Anda tidak berada di pusat kota, bisnis kurir dengan menggunakan mobil adalah suatu keharusan. Selain itu, mobil bisa menjangkau wilayah yang luas. Semakin luas jangkauan operasi Anda, maka bisnis akan lebih banyak mendatangkan keuntungan.
2. Tentukan Jenis Item
Peluang bisnis jasa pengiriman akan semakin berpotensi apabila Anda bisa melayani banyak item untuk dikirimkan. Kapasitas penyimpanan kendaraan Anda akan memainkan peranan besar dalam keputusan ini.
Jika Anda menangani surat-surat, paket-paket kecil, dan dokumen rahasia, Anda membutuhkan tas berkualitas tinggi dan tahan air. Jika Anda memutuskan untuk juga melayani jasa pengiriman untuk item yang lebih besar, seperti makanan, kargo medis, kargo industri, atau kotak besar lainnya, Anda memerlukan kendaraan yang bisa menampung semua itu.
3. Tentukan Biaya
Tentukan biaya rata-rata, jam operasional, biaya tambahan, batas pengiriman dan layanan lainnya yang ditawarkan. Gunakan ini sebagai titik awal Anda untuk menetapkan kriteria bisnis Anda.
Sebagai langkah awal, Anda bisa tawarkan diskon di bawah semua kompetisi Anda untuk mendapatkan pelanggan. Perlakukan mereka dengan baik karena ini adalah dasar sebuah pelayanan. Jika mereka puas, mereka pasti akan menggunakan jasa pengiriman Anda lagi.
4. Membuat Bisnis Anda Resmi
Jika Anda benar-benar dalam mencoba peluang bisnis jasa ini, buatlah bisnis Anda tercatat secara resmi. Kunjungi instansi pemerintahan terkait untuk mendapatkan izin usaha.
5. Promosikan Bisnis Anda
Beritahu teman dan keluarga, dan bagikan kartu nama kepada setiap orang yang Anda kenal. Tinggalkan kartu nama di lokasi seperti pada papan buletin. Anda juga bisa memasang iklan di koran, atau di buku telepon.
Sebuah website bisa membantu dalam membangun usaha Anda secara online. Beri konten mengenai daftar biaya, waktu operasi, wilayah pengiriman, dan semua detail lainnya. Pastikan situs tersebut memiliki penampilan yang profesional.
Tips dan Peringatan: