Jumat, 10 Desember 2010

Mendirikan Sebuah Penerbitan Buku

Sumber: www.AnneAhira.com

Perkembangan dunia penerbitan buku dewasa ini semakin berkembang, tak terkecuali di Indonesia. penerbitan buku semakin menampakkan keeksisannya dengan banyak berdiri perusahaan atas nama penerbitan buku.


Hal ini tentunya membawa dampak yang positif terhadap industri buku, perkembangan dunia tulis-menulis, dan tentunya kepada para pembaca. Bagaimana sebuah penerbitan buku didirikan?


Mendirikan sebuah penerbitan berarti mendirikan sebuah organisasi kerja dalam penerbitan. Di Indonesia belum ada ketentuan khusus, bahwa penerbitan harus berbadan hukum. Namun, jika penerbitan itu diarahkan pada bisnis, penerbit hendaknya memiliki badan hukum, paling tidak dalam bentuk CV.


Hal apa saja yang harus Anda siapkan jika ingin membuat sebuah penerbitan, penulis menuliskan beberapa langkah yang harus dipersiapkan menurut Bambang Trim, dalam bukunya “Saya Bermimpi Menulis Buku” langkah tersebut adalah:



  1. mengurus badan hukum;

  2. merekrut tenaga ahli;

  3. menyusun rencana bisnis;

  4. pengadaan naskah;

  5. pendaftaran ISBN dan KDT;

  6. perencanaan pasar dan promosi;

  7. pengelolaan naskah dan percetakan;

  8. pendaftaran asosiasi penerbit.


Hal Apa Saja yang Dilakukan Oleh Sebuah Penerbitan Buku?


Tugas penerbit buku antara lain adalah mencari naskah, mencari pengarang, menilai naskah pengarang, mengolah naskah supaya dapat memenuhi dambaan pengarang dan pembaca, menghubungi desain buku dan percetakan yang sesuai dengan buku terbitannya.


Selanjutnya mempromosikan buku terbitannya kepada pembaca melalui media massa, penyalur, toko buku, atau secara langsung ketika launching buku terbitannya, dan yang terakhir adalah mengurus kontrak dengan pengarang/ penulis dan membayarkan uang jasa bagi mereka.


Bedanya Penerbitan dan Percetakan


Penerbitan tidak dapat lepas dari yang namanya percetakan. Mereka berkaitan antara satu sama lainnya. Sehingga orang awam sering berpikir bahwa penerbitan dan percetakan itu memiliki fungsi yang sama.


Penulis jelaskan, bahwa penerbitan dan percetakan itu berbeda, penerbitan adalah yang menghasilkan naskah sedangkan percetakan adalah yang memperbanyak naskah.


Suatu penerbitan bisa saja memiliki percetakan, namun ada juga penerbitan yang hanya menghasilkan naskah saja. Sementara memperbanyaknya mereka meminta jasa percetakan di luar perusahaan mereka.


Hal ApaSaja yang Menyebabkan Suksesnya Sebuah Penerbitan Buku?


Berikut ini adalah beberapa hal di antaranya yaitu, jumlah target pembaca sasaran banyak, spesifikasi pembaca sasaran terdefinisi jelas, buku yang diterbitkan memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda dengan buku pesaing, kebutuhan buku bagi pembaca, jika sifatnya mendesak dan dapat berumur panjang.


Berikut ini rumus sukses penerbit buku yang penulis kutip dari Saya Bermimipi Menulis Buku karangan Bambang Trim. Rumusan sukses sebuah penerbit buku dengan konsep 4C, yaitu:




  • Content (isi), yaitu penerbit harus mampu menampilkan gagasan isi buku yang benar-benar dibutuhkan dan menarik bagi masyarakat pembaca.



  • Creativity (kreativitas), yaitu penerbit harus memotivasi munculnya kreativitas para penggiat buku, seperti penulis, editor, layouter, illustrator, dan desainer.



  • Cover (kemasan), yaitu penerbit harus melakukan riset dan pengembangan untuk menghasilkan kemasan buku yang menarik,mudah di baca, tepat sasaran, dan mengikuti tren.



  • Community (komunitas), yaitu penerbit tidak akan besar sendiri, penerbit harus membangun komunitas dengan komunitas pembacanya. Caranya bisa dengan membentuk kelompok penulis/ pembaca, menerbitkan buletin atau membuka situs penerbit.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails